Agar Tak Selalu Patah Hati, Lakukan Lima Hal Ini!

Home / Gaya Hidup / Agar Tak Selalu Patah Hati, Lakukan Lima Hal Ini!
Agar Tak Selalu Patah Hati, Lakukan Lima Hal Ini! Ilustrasi - Patah Hati (Foto: codigosanluis.com)

TIMESBANGKABELITUNG, JAKARTAPatah hati menjadi hal yang sering terjadi dalam hubungan asmara. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda patah hati. Mulai dari pasangan yang ketahuan selingkuh hingga putus saat sedang sayang-sayangnya.

Untuk itu, agar tidak patah hati, Anda bisa menerapkan berbagai cara yang dilansir dari Hello Sehat berikut ini.

1. Hati-hati memilih pasangan

Salah satu cara untuk mencegah patah hati yang mendalam saat menjalin asmara ialah dengan mencari pasangan secara hati-hati, jangan asal dapat pacar saja. Mengapa begitu? Dengan mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria, maka Anda tak perlu lagi berharap pasangan akan berubah sesuai yang Anda inginkan. Pasalnya, mengubah watak dan prinsip seseorang itu sangat sulit.

Oleh karena itu, daripada Anda berusaha mengubahnya, lebih baik mencari pasangan yang memang sesuai keinginan. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menjalani hubungan sesuai yang diharapkan. Dengan begitu, kemungkinan Anda untuk patah hati pun menjadi berkurang.

2. Jujur dan saling terbuka satu sama lain

Kejujuran dan keterbukaan adalah kunci penting dalam sebuah hubungan yang sehat. Agar tidak patah hati, cobalah untuk terbuka dan jujur mengenai keinginan masing-masing dari hubungan yang dijalani.

Jika sejak awal pandangan dan visi sudah berbeda, maka Anda dan pasangan bisa tahu langkah apa yang seharusnya diambil. Hal ini juga membantu meminimalisir kemungkinan Anda untuk mengalami patah hati di kemudian hari karena harapan yang tak sesuai dengan kenyataan.

3. Bangun kepercayaan satu sama lain

Setelah Anda dan pasangan menerapkan komunikasi yang jujur serta terbuka, langkah selanjutnya ialah saling percaya. Anda dan pasangan  perlu saling menanamkan rasa percaya agar hubungan berjalan dengan sehat. Jika sudah mengetahui pasangan bertujuan untuk serius, maka tunjukkan rasa percaya Anda.

Jangan sampai di tengah jalan Anda terus mencurigainya hanya karena lama membalas chat. Padahal mungkin pasangan sedang sibuk bekerja bahkan hingga lembur untuk megumpulkan pundi-pundi lebih di tabungannya.

4. Peka terhadap tanda-tanda masalah

Meski Anda sangat mencintai pasangan dan percaya sepenuhnya, Anda tetap harus peka. Jangan sampai Anda menutup mata akan tanda-tanda masalah yang datang. Misalnya, ketika pasangan mulai berubah dengan tidak pernah lagi mengabari Anda maka segera cari waktu yang tepat untuk menanyakan langsung kepadanya.

Jadi Anda tak cuma menebak-nebak dan memendam amarah dalam hati. Dengan menyadari tanda-tanda masalah di awal kemunculannya, Anda bisa mengantisipasinya agar tidak terus menumpuk apalagi hingga menimbulkan perpisahan.

5. Belajar untuk lebih banyak bersyukur

Tidak ada hubungan asmara yang sempurna seutuhnya, termasuk tidak mengalami patah hati. Oleh sebab itu, selalu usahakan untuk mensyukuri apa yang Anda miliki dan jalani saat ini. Meski kelihatannya cukup klise tetapi bersyukur bisa membuat Anda merasa cukup atas apa yang telah dimiliki saat ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com