Ketahanan Informasi Nasional

Begini Gaya Mahasiswa UIN Malang Peringati Hari Tari Internasional

Home / Berita / Begini Gaya Mahasiswa UIN Malang Peringati Hari Tari Internasional
Begini Gaya Mahasiswa UIN Malang Peringati Hari Tari Internasional Seluruh kru Srikandi berfoto bersama seusai pagelaran

TIMESBANGKABELITUNG, MALANG – Mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Malang punya cara sendiri memperingati Hari Tari Internasional. Para mahasiswa yang tergabung dalam  komunitas tari Srikandi ini menggelar pentas tarian nusantara pada Rabu (2/5/2018) bertajuk "Humaniora Menari” di kampus setempat.  

Ada enam tarian nusantara yang mereka mainkan. Yakni, Tari Lenggang Nyai, Tari Tempeh, Tari Gandrung, Tari Cendrawasih, Tari Topeng, dan Tari Baskalan. Keenam tari itu disuguhkan secara estafet.

Seluruh tarian dibawakan oleh para anggota Srikandi secara tunggal, berpasangan, hingga berkelompok menyesuaikan cerita dari tari yang mereka bawakan. Selain penampilan tari, Srikandi juga memberikan persembahan puisi tentang tarian di tengah acara.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dra. Siti Masitoh, M.Hum, pagelaran tari Srikandi merupakan media untuk mengekspresikan diri.

“Kegiatan semacam ini harus sering dilakukan. Selain sarana untuk mengekspresikan diri, ini juga salah satu bentuk tanggung jawab generasi muda mempertahankan budayanya. Memang kita lah yang harus melestarikan semua kebudayaan yang ditinggalkan nenek moyang kita,” paparnya.

Konsep pagelaran tari yang diadakan perdana di Fakultas Humaniora tersebut, mengundang antusiasme para mahasiswa. Terbukti walau hanya berlangsung selama kurang lebih 2 jam, penonton tetap memadati area pelataran Fakultas Humaniora.

 “Ini memang yang pertama. Belum pernah ada konsep penampilan tari semacam ini di tahun dan angkatan sebelumnya,” jelas salah satu panitia penyelenggara, Wieska Meidinar Priyatno.

Hari Tari Internasional yang diperingati setiap tanggal 29 April, akan menjadi tanggal penting untuk pelaksanaan agenda wajib Srikandi mendatang. “Harus ada. Pagelaran tari ini bakal jadi program tahunan kita nanti,” sambung Wieska.

Setiap Hari Tari Internasionalmahasiswa UIN Malang, khususnya Fakultas Humaniora, selalu merayakannya. Mereka menampilkan tarian-tarian nusantara. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com