Penyempurnaan Amdal KEK Singosari Rampung Awal Puasa

Home / Berita / Penyempurnaan Amdal KEK Singosari Rampung Awal Puasa
Penyempurnaan Amdal KEK Singosari Rampung Awal Puasa Bupati Malang Dr H Rendra Kresna usai sidang berfoto bersama. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANGKABELITUNG, MALANG – Awal puasa, study Analisa Dampak Lingkungan (AMDALKEK Singosari diperkirakan sudah selesai dalam penyempurnaan dan segera dilampirkan dalam berkas ke Kementerian Perekonomian.

GM PT Intelegensia Grahatama, Kriswidyat Praswanto kepada TIMES Indonesia, Jumat (4/5/2018) pagi mengatakan bahwa untuk masalah amdal sudah sidang KA-ANDAL pada tanggal 25 April lalu dan sedang dalam proses penyusunan RKL & RPL

"Masalah Amdal ditangani dari Tim Universitas Brawijaya Malang. Kemungkinan sebelum atau awal puasa sudah tuntas keseluruhan studi AMDAL-nya," kata Kris.

KEK-Sidang-2.jpgSuasana sidang Dewan Nasional KEK yang membahas rencana KEK Singosari

Amdal yang sedang digarap untuk kawasan KEK Singosari itu kebutuhannya diperuntukkan areal seluas 298 hektare sesuai total izin lokasi yang dikeluarkan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang.

Terpisah, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menyatakan, untuk persyaratan menuju disahkannya KEK Singosari oleh Menteri Perekonomian tinggal satu yang perlu dituntaskan yakni soal amdal. 

"Saya kira tim Universitas Brawijaya akan bisa menyelesaikannya lebih cepat." kata Rendra.

Rendra juga yakin bahwa tahun 2019 KEK Singosari bakal terwujud. Ia meyakini itu setelah beberapa waktu lalu bersama Gubernur Jawa Timur, Dr H Sukarwo selesai meyakinkan Dewan Nasional KEK tentang usulan KEK Singosari itu dalam Sidang Dewan Nasional KEK yang dipimpin oleh Sekretaris Dewan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto.

KEK Singosari adalah sebuah proyek prestisius Kabupaten Malang di masa mendatang. Karena keberadaannya nanti diharapkan bisa semakin menguatkan dunia pariwisata di Malang dan sekitarnya.

Salah satu ikon wisata Indonesia adalah Bromo, dan Bromo adalah bagian dari Kabupaten Malang. Karena itu KEK Singosari, Kabupaten Malang ini dibangun dengan basis wisata dengan payung Bromo-Tengger-Semeru. Jalan menuju ke sanapun akan dilebarkan. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com