Prukades di Situbondo Jadi Program Proritas Kemendes

Home / Berita / Prukades di Situbondo Jadi Program Proritas Kemendes
Prukades di Situbondo Jadi Program Proritas Kemendes Rapat kerjasama 6 kementerian lembaga dalam rangka pengembangan ekonomi lokal melalui pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan (FOTO: for TIMES Indonesia)

TIMESBANGKABELITUNG, SITUBONDO – Produk unggulan kawasan pedesaan atau yang dikenal dengan Prukades di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur khususnya sektor perikanan menjadi perhatian Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasnmigrasi.

Hal itu telah disampaikan Direktur Pengembangan Ekonomi Lokal, Bahartani Lamakampali pada acara rapat kerjasama 6 kementerian lembaga dalam rangka pengembangan ekonomi lokal melalui pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan di seluruh nusantara, termasuk Kabupaten Situbondo.

“Sekitar 148 kabupaten dengan 18 komoditas dan 30 offtaker yang sudah menandatangani Mou untuk mengembangkan prukades di seluruh kabupaten," katanya kepada TIMES Indonesia, Jumat (4/5/2018).

Rapat-Kerjasama-2.jpg

Kabupaten Situbondo, menurut Bahartani, kaya akan potensi hasil lautnya, secara geografis, Kabupaten Situbondo memiliki garis laut yang cukup panjang di sepanjang jalur utara, sehingga ini menjadi proritas Kemendes dan PDT dalam bidang pengembangan ekonomi lokal di sektor perikanan.

“Kabupaten Situbondo dengan komoditi perikanan sudah disandingkan bersama off taker dari Crowde, nanti kita lihat tidak lanjut dan perkembangannya seperti apa, pihak kita akan terus dan akan intens dalam melakukan pendampingan,“ tambahnya.

Kedepannya, ia berharap tidak hanya sekedar memorandum of understanding (Mou) saja, akan tetapi adanya  tindak lanjut dari tandatangan kerjasama dengan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama (PKS) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara BUMDes dengan offtaker yang bersangkutan.

Tidak hanya itu, pertemuan ini untuk sebagai media konsolidasi data yang ada di PDT dengan keadaan kabupaten terkait. Sudah adanya tindak lanjut atau belum sama sekali antara Bumdesa dan offtaker  yang sudah tandatangan MoU. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com